Wednesday , 27 August 2014
You are here: Home » Kuliner » Nikmatnya Susu Tante Di Jalan Buaran Raya

Nikmatnya Susu Tante Di Jalan Buaran Raya

BOSAN nongkrong dengan menu-menu cepat saji? Mungkin ketan di malam hari yang ditemani semangkuk wedang ronde adalah alternatif tepat mengganjal perut usai pulang kerja.

Mbok ‘Ne An Cu yang terletak di Jalan Buaran Raya merupakan kedai khusus yang menjajakan ketan dan wedang ronde, mungkin yang paling ramai dan masih satu-satunya di kawasan Jakarta Timur. Lokasinya cukup strategis yakni di depan Carrefour Buaran, mengambil lokasi halaman bengkel yang disulap menjadi tempat makan dan nongkrong di malam hari.

Tampilan kedai cukup menarik meskipun berdindingkan terpal dan dinding bengkel. Terdapat dua gerobak yang memisahkan pembuatan wedang ronde dan segala jenis minuman serta gerobak yang khusus untuk meracik ketan yang dinamakan gerobak Susu Tante (Susu Ketan Enak). Tempat makannya sendiri terdiri dari meja dan kursi serta lesehan yang bisa menampung hingga 100 pengunjung.

Ketan disajikan lebih variatif dengan beragam topping mulai dari yang manis berkuah hingga gurih bisa Anda pilih sehingga tampilannya lebih modern. Unsur tradisional dan unik juga terlihat dari penyajian di atas wajan surabi beralaskan daun pisang.

Coba cicipi menu andalan di sini, yaitu ketan original, dengan taburan bubuk kedelai, ketan duren yang disiram susu, atau ketan srikaya. Menu-menu andalan di Mbok ‘Ne An Cu menjadi spesial karena taburan dibuat sendiri oleh pemilik dari buah asli.

Selain tekstur ketan yang legit gurih, perpaduan topping ini justru membuat rasanya semakin lezat. Jika ingin rasa yang lebih gurih, cobalah ketan keju sosis. Topping-nya tidak pelit alias pas sesuai porsi ketan. Anda bisa menambah topping hanya dengan membayar Rp2.000 – Rp 3.000.

Menu lain yang bisa Anda cicipi adalah ketan abon, ketan serundeng, ketan kornet keju, ketan cokelat, ketan srikaya pisang keju, ketan nangka cokelat, ketang pisang keju, ketan blueberry keju, nasi krawu khas Gresik yang disajikan dengan sambal dan ayam atau daging suwir, dan lainnya. Untuk minuman, selain wedang ronde, ada wedang jahe, oka tea (teh kayu manis), susu jahe gula merah, susu cokelat jahe, thai tea, kopi jahe susu, dan aneja minuman dingin. Harga yang ditawarkan berkisar Rp 6.000-Rp14 ribu per menu.

Mbok ‘Ne An Cu yang didirikan oleh Resti Purwita Putri dan suami, Alpha Rama Putra, baru beroperasi empat bulan lalu, kini semakin ramai didatangi. Bahkan, pemilik sampai menambah karyawan dan menyediakan nomor antrean agar tamu terlayani dengan maksimal dan adil sehingga Anda tidak perlu menunggu lama, maka pesanan akan tersaji di meja.

Meski buka dari pukul 18.00-24.00 WIB, biasanya pukul 22.00 WIB stok makanan mulai habis. Dalam sehari ketan yang dijual mencapai 400 porsi dan tidak pernah tersisa sedangkan untuk akhir pekan, bisa hingga 600 porsi. Jangan datang pada hari Senin, pasalnya sang pemilik meliburkan karyawannya untuk beristirahat.

“Keluarga suami aku sebenarya yang sangat suka dengan ketan dan jajanan pasar, kebetulan eyangnya suami jago masak dan resepnya dari eyang, makanya namanya Mbok ‘Ne An Cu, Mbok ‘Ne Anak Cucu, karena ini memang kedai keluarga,” kata Wita, sapaan akrab pemilik kedai, kepada Okezone saat ditemui di kawasan Buaran, Jakarta Timur belum lama ini.

Hanya dalam waktu semalam, Wita dan suami melakukan percobaan menyajikan ketan dengan varian taburan kepada keluarga. Alhasil, semua racikannya enak dan disukai. Dengan waktu dua pekan, akhirnya Wita dan suami membuka cabang pertamanya di Buaran dan kini sedang mempersiapkan cabang ke dua di Kalimalang.

Dewi Yanti – Okezone

Sumber
(flo/flo)

Incoming search terms:



Scroll To Top